Rabu, 27 Februari 2008

Farmakologi - Diare (1)

Siapa yang tidak pernah mengalami diare? Saya yakin 1000% bahwa nggak ada orang yang nggak pernah terkena diare... kalo kamu sendiri gimana? 'tul gak keyakinanku? ... heheheee

Apa sich diare itu? ... kalo pertanyaannya seperti itu mestinya setiap orang yang pernah mengalami diare pasti bisa menjawabnya, ya gak?! khan pernah ngalami sendiri! ya coba dong buat definisi tentang diare itu apa, gak akan ada yang menyalahkan kok. Kalo ada dosen yang menyalahkan mahasiswa yang membuat definisi tentang diare, pasti dosennya karena cuman liat dari buku ... emangnya dosen nggak pernah diare apa. Bukankah proses pembelajaran akan lebih baik kalo mahasiswa bisa mengkaitkan dengan pengalaman pribadinya? (wah aku jadi bela mahasiswa nich) ... hehehee

Yang jelas prinsip dari diare itu adalah terjadinya perubahan pada frekuensi buang air besar serta konsistensi feses pada saat buang air besar. Frekuensinya meningkat dan konsistensi fesesnya cenderung cair. Itu aja kok ... simpel khan?

Gejala-gejala yang biasanya terjadi adalah :
  1. Perut (saluran pencernaan) terasa sakit /mules
  2. Sering BAB
  3. Feses cenderung encer
  4. Wajah cenderung pucat
  5. Mengalami dehidrasi
  6. Nafsu makan berkurang

Penyebab timbulnya diare adalah :
  1. Kurang bisa menjaga kebersihan terhadap diri dan lingkungannya.
  2. Makan atau minum dari makanan dan minuman yang telah terkontaminasi oleh bakteri penyebab diare (E.Coli).
  3. Makan makanan yang merangsang (jangan jorok lho pikirannya), yang dimaksud disini adalah yang dapat menimbulkan / meningkatkan sensitivitasi pada saluran pencernaan, mis: makanan pedas, asam, dll.
  4. Stress.
Nah, dari gejala yang udah dijelasin diatas serta penyebabnya, bisa gak kalo kamu mencoba untuk mencari kira-kira obat apa saja yang bisa digunakan untuk pengobatan diare? dan bagaimanakah pencegahannya?

Untuk penjelasan semua itu akan aku bahas disesi yang selanjutnya ... OK? waiting 4 me.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Watch Top 4 Movies, Highlights, Music - YouTube.cc
Watch Top 4 Movies, Highlights, Music. Watch Top 4 Movies, Highlights, Music. Watch Top 4 Movies, best youtube to mp3 Highlights, Music. Watch Top 4 Movies, Highlights, Music.